Widget HTML Atas

Budaya dan Masyarakat

Budaya dan Masyarakat
Budaya dan Masyarakat

Hubungan antara masyarakat, budaya dan kepribadian ditekankan oleh seorang ahli Ralph Linton: “Masyarakat adalah kelompok individu yang terorganisir. Budaya adalah kelompok respons belajar yang terorganisir. Individu adalah organisme hidup yang mampu berpikir, merasa, dan bertindak independen, tetapi dengan independensinya terbatas dan semua sumber dayanya dimodifikasi secara mendalam melalui kontak dengan masyarakat dan budaya tempat ia berkembang.


Baca Juga:

  1. Defenisi dan Makna Budaya
  2. Karakteristik Budaya
  3. Fungsi Budaya
  4. Budaya dan Masyarakat


Masyarakat tidak bisa eksis terlepas dari kebudayaan atau budaya. Masyarakat selalu dibuat dari orang dan kelompoknya. Orang membawa dan mentransmisikan budaya, tetapi mereka bukan budaya. Tidak ada budaya yang bisa ada kecuali sebagaimana diwujudkan dalam masyarakat manusia; tidak ada masyarakat yang bisa beroperasi tanpa, arahan budaya. Seperti halnya materi dan energi, seperti pikiran dan tubuh, mereka saling bergantung dan berinteraksi namun mengekspresikan berbagai aspek situasi manusia.

Seseorang harus selalu mengingat saling ketergantungan dan hubungan timbal balik antara budaya dan masyarakat. Masing-masing adalah konsep yang dapat dibedakan di mana pola dan organisasi keseluruhan lebih penting daripada bagian komponen mana pun.


KOMENTARI VIA FACEBOOK: