Membuat Tulisan Artikel Ini Telah Tayang Ketika Artikel Blog Di Copy Paste

Siapa sih yang gak kesel kalau udah capek-capek nulis artikel di blog eh malah dicopy paste seenaknya sama blogger copas. Tak dikasih link sumber pula duuuhh. Tapi ya mau gimana lagi, menjadi blogger memang sudah risikonya artikel dicopy paste. Kita hanya bisa berdoa supaya pelaku membuatkan link sumber yang dicopas dan menuju ke halaman artikel kita.


Nah untuk itu, agar mempermudah para blogger pragmatis tadi dalam menjalankan pekerjaannya mengcopy paste artikel namun secara otomatis terselip di akhir sumber artikelnya, di bawah ini adalah scriptnya. Yaitu kode script agar saat artikel dicopy paste, maka secara otomatis ada sumber dari mana link tersebut dicopy. Jadi nantinya akan seperti website berita ketika di copy akan ada tulisan Artikel ini telah tayang di bla bla bla atau versi lainnya.

Cara pemasangannya seperti membuat atau memasang script blog biasanya.

1. Masuk ke Dashboard Blogger

2. Klik Tema

3. Cari (Ctrl + F) kode </head>, lalu tempelkan kode script di bawah ini tepat di atas kode </head>

<script type="text/javascript">
function addLink() {
 var body_element = document.getElementsByTagName('body')[0];
 var selection;
 selection = window.getSelection();
 var pagelink = "<br /><br /> Artikel ini sudah tayang di: <a href='"+document.location.href+"'>"+document.location.href+"</a><br />Copyright &amp;copy; 2021 Cara Blogging - www.oneclick.my.id"; // change this if you want
 //The Script Created by https://facttuts.com
 var copytext = selection + pagelink;
 var newdiv = document.createElement('div');
 newdiv.style.position='absolute';
 newdiv.style.left='-99999px';
 body_element.appendChild(newdiv);
 newdiv.innerHTML = copytext;
 selection.selectAllChildren(newdiv);
 window.setTimeout(function() {
  body_element.removeChild(newdiv);
 },0);
}
document.oncopy = addLink;
</script> 

4. Ganti teks yang berwarna merah dengan versi teman-teman.

5. Simpan Tema

Setelah langkah-langkah di atas selesai, coba kunjungi salah satu artikel blog kamu. Lalu lakukan copy dan paste di sembarang tempat. Lihat apakah hasilnya sesuai dengan selera atau tidak? Ya semoga saja sesuai keinginan ya. Karena kode diatas juga saya boleh copas dari https://gist.github.com/akshansh1998/%202af503e4de0344c9fd6c10553005b451 karena saya cuma blogger dan belum paham coding hehe.

Atau silahkan coba copy artikel ini dan tempel di dokumen manapun lalu lihat hasilnya. Soalnya sudah menjadi kebiasaan saya menjadika artikel sebagai demo tutorial sekaligus. Contohnya seperti tutorial script blog anti copy paste yang bisa temen-temen dapatkan di artikel saya berjudul Agar Blog Tidak Bisa Di Klik Kanan ...