Widget HTML Atas

Self Healing itu Apa Sih? Oh Ternyata...

Banyak artis tiktok dan pengguna media sosial sekarang menyebut-nyebut Self Healing. Mereka nulis caption di postingan atau videonya yang bernuansa kuliner, liburan, dan kegiatan lain yang berorientasi hobi. Memangnya Self Healing artinya apa sih?

Self Healing berasal dari dua kata bahasa Inggris. Self yang berarti diri sendiri, dan healing berartikan penyembuhan. Jadi kalau diartikan, bisalah kita sebut Self Healing itu merupakan kegiatan yang dilakukan untuk penyembuhan diri. Loh emangnya lagi sakit? enggak juga. Jadi self healing semacam terapi gitu.

Seperti Trauma Healing, misalnya. Trauma healing dilakukan atau digelar di lokasi pengungsian bersama anak-anak yang tentu saja merasakan trauma pasca menghadapi bencana alam. Jadi dalam Trauma Healing, anak-anak korban bencana diajak untuk bermain games, senam gembira, lomba cerdas cermat, dan bagi-bagi hadiah. Tujuannya agar trauma anak-anak penyintas bencana dapat dipulihkan. Pemulihan traumatik.

Kita balik ke Self Healing. Kenapa artis idolamu atau following kamu pasang caption self healing? padalah kan dia bukan korban bencana alam. Memang. Jadi tadi kita ngomongin pemulihan ya. Walaupun bukan korban bencana alam, barangkali doi memang sedang butuh pemulihan diri dari rutinitaari-harinya.  Sehingga perlu pemulihan. Atau mungkin sedang jadi korban. Korban PHP misalnya. Dan, hal itu bukan saja hanya menimpa mereka loh. Nah untuk itulah kenapa artikel ini ditulis. Kita mau buka-bukaan nih soal apa sih itu Self Healing?

Arti Self Healing

Seperti yang udah kita baca sama-sama, Self Healing berasal dari dua kata bahasa Inggris. Self yang berarti diri sendiri, dan healing berartikan penyembuhan. Jadi kalau diartikan, bisalah kita sebut Self Healing itu merupakan kegiatan yang dilakukan untuk penyembuhan diri. Loh emangnya lagi sakit? enggak juga. Jadi self healing semacam terapi gitu. Oke kita lanjut ke apa tanda-tanda kamu butuh Self Healing?

Tanda-Tanda Kamu Perlu Self Healing

1. Suka Muncul Perasaan Negatif

Tanda yang pertama adalah kamu merasa bosan dan mengalami kesulitan mengumpulkan motivasi dalam menyelesaikan pekerjaan. Kamu merasa, semua orang dan segala hal tentang pekerjaan mengganggu kamu, Nah, Jika pikiran negatif ini meresap ke dalam kehidupan pribadimu, inilah saatnya untuk terapi self healing. Yaitu self healing dengan cara beristirahat dan berlibur.

2. Sering Membuat Kesalahan di Tempat Kerja

Ketika stres menjadi kronis, pikiran menjadi tidak fokus dan mengalami kesulitan untuk memperhatikan banyak hal. Kinerja kamu di tempat kerja pun bisa saja mulai terganggu. Fokus ingatan juga akan terganggu & berdampak pada kemampuanmu dalam memecahkan masalah dan mengambil keputusan. Kalau sudah begitu, kamu harus self healing.

3. Butuh Perjuangan untuk Tidur & Jam Tidurmu Terganggu

Tidur & istirahat adalah salah satu alternatif jika tubuh kita kelelahan karena aktifitas sehari-hari. Pernah merasa kesulitan saat mau tidur, padahal badan kamu sudah terasa sangat lelah? Jika iya, berarti kamu sedang stres. Kondisi stres yang terjadi pada tubuhmu akan membuat kamu sulit untuk relax & dapat tertidur. American Psychological Association melaporkan bahwa sepertiga milenial tidak mendapatkan jam tidur yang cukup (delapan jam dalam sehari) karena tidak punya waktu. Sedangkan sepertiga lainnya tidak dapat tertidur karena terlalu banyak pikiran.

4. Kamu Lupa Kapan Kamu Melakukan Hobi/Terakhir Liburan

Liburan atau bahkan melakukan hobi yang kamu sukai itu penting banget buat menjaga keseimbangan mental kamu, mempertahankan kamu untuk tetap “seimbang”. Jadi, kapan terakhir kamu mengerjakan hobimu? Atau kamu ingat kapan terakhir kamu liburan? Atau jangan-jangan kamu udah lupa? Jika memang iya, itu artinya kamu butuh self healing.

 5. Sakit Fisik

Jika kamu merasa cemas atau kewalahan saat bekerja, otak kamu melepaskan hormon stres yang berasal dari pikiran. Seiring waktu, kondisi ini memunculkan konsekuensi fisiologis yang tak baik bagi fisik seperti peningkatan denyut nadi, tekanan darah, dan berkeringat. Yang lebih parah bisa menyebabkan nyeri dada, sakit punggung, mata lelah, bahkan lebih parah bisa menyebabkan pingsan! Kamu harus jalani penyembuhan diri. Self Healing.

6. Hubungan Personalmu dengan Orang Terdekat Jadi Kurang Baik

Menjadi korban PHP atau sering dighosting sama doi, tentu akan terpaku pada pilihan antara ”fight or flight”. Nah hal itu merugikan kesehatan kamu & merusak kemampuanmu untuk tidur, ini juga berdampak pada kelelahan otak. Luka bathin.

Apalagi ketika jadwal kamu dipenuhi dengan pekerjaan, sekolah atau tanggung jawab lainnya, hubunganmu  dengan orang terdekat akan kekurangan perhatian. Jika kamu tidak pernah punya waktu untuk bersama keluarga, saatnya berhenti dan beristirahat. Mengasingkan diri ke tempat baru & melakukan trip singkat selama beberapa hari dengan orang terdekat akan membawa efek positif pada hidupmu lho!

Cara Self Healing yang Tepat dan Cepat

1. Kunjungi Dokter atau Psikolog

Dengan mengunjungi dokter atau psikolog, kamu bisa selaraskan kondisi kesehatan atau psikologi kamu. Sebagai saran, sebelum datang ke dokter atau psikolog, cari tau dulu mana dokter dan psilogog yang good looking wkwk

2. Tour Kuliner

Tour wisata alam sih udah biasa. Kali ini kami saranin terapi self healing dengan berkeliling masakan atau kuliner di kotamu atau kota tetangga. Pokoknya apapu yang kamu suka, lakuin aja. Ini pokok dari self healing yang sebenarnya.

3. Liburan atau Lakukan Apapun yang Kamu Suka

Kalau kamu termasuk kaum yang sedang membutuhkan self healing, segera ambil cuti dan berliburlah. Melakukan hobi yang kamu suka bisa membantu kamu untuk kembali menyeimbangkan pikiran dan jiwa kamu.

4. Membaca dan Keliling Toko Buku

Kamu harus percaya pikiranmu dapat menyembuhkan dirimu. Coba deh ke toko buku, pilih buku kesukaan kamu, dan mulai membaca. Aku udah coba, hasilnya sembuh beneran loh.


KOMENTARI VIA FACEBOOK: