Widget HTML Atas

Permainan Tradisional Caca Burané dan Lirik Lagunya

Indonesia sungguh kaya akan budaya, bahasa, dan tradisi. Selain itu Nusantara yang sekarang disebut Indonesia juga memiliki permainan tradisional yang mengasah kecerdasan dan menggalang persatuan.

Selain ada permainan tradisional Enggrang, Sepak Raga, dan lainnya, kali ini Hai Nusantara mau ngasih tau nih tentang permainan tradisional Caca Burané. Terdengar asing? Yuk baca lagi...

Caca Burané merupakan permainan yang disertai Lagu Permainan Sunda yang tujuannya sama untuk menebak suatu benda seperti Pacublak-Cublak Uang dan Tungtung Kalintungan.

Caranya sama hanya lagunya yang berbeda, anak-anak berkumpul dan salah seorang anak yang membungkuk yang akan menebak barang atau benda yang dipegang anak yang lainnya. Sekilas, Perminan Tradisional Sunda ini mirip dengan permainan Cublak-Cublak Suweng dalam Permainan Tradisional Jawa.

Anak-anak yang lain menyimpan tangannya sambil dikepalkan, salah seorang anak memegang benda yang akan ditebak. Ketika bernyanyi, anak yang membungkuk bangun dan menebak benda tadi, jika tebakannya benar ada di salah seorang anak misalnya nama anak yang memegang benda itu Dani, maka Dani lah yang mendapat giliran harus membungkuk untuk menebak benda itu lagi.


Lagu permainannya di bawah ini:

Caca burané

Burané tali gobang

Gobang pancarané

Anak gajah bebayuné

Jing gojing léwok-léwok

Jing gojing léwok-léwok.


KOMENTARI VIA FACEBOOK: