Widget HTML Atas

Netpot Hidroponik, Cara Membuat Sendiri dengan Botol Bekas

Bertanam hidroponik nyatanya tidak terlalu sulit bila dilakukan dengan kesabaran yang ekstra. Selain itu, mencari pengetahuan tentang cara bercocok tanam hidroponik tentu juga harus dilakukan agar dalam menanam tanaman hidroponik tidak mendapatkan hasil yang mengecewakan.

Cara menanam hidroponik dengan botol bekas sengaja kami buatkan menjadi artikel khusus menyusul artikel sebelumnya tentang Apa Itu Hidroponik? dan Persiapan untuk Memulai Hidroponik. Artikel ini sendiri mengingat masih banyak pemula yang masih kebingungan dengan letak lubang atau penempatan sumbu hidroponik pada wadah gelas akua bekas.

Artikel ini mudah-mudahan dapat dimanfaatkan untuk memulai bercocok tanaman hidroponik dari botol bekas seperti kangkung, selada, dan sawi. Langsung saja berikut ini alat dan bahan serta cara membuatnya.

Alat dan Bahan membuat netpot dari gelas bekas:

  • Gelas Air Mineral Bekas
  • Solder
  • Cat warna gelap

Cara Membuat netpot dengan barang bekas:

  1. Siapkan plastik gelas air mineral bekas untuk dijadikan netpot hidroponik.
  2. Panaskan solder hingga mampu membuat lubang pada botol atau gelas air mineral tadi.
  3. Lubangi wadah air mineral bekas secara horizontal sekira 2,5cm di bagian sudut bawah atau tengah.
  4. Lalukan langkah ketiga di atas pada sisi lainnya gelas bekas air mineral. Lubang ini akan dipasangi sumbu netpot hidroponik.
  5. Kemudian lubangi gelas bekas tersebut pada sisi dasar (bawah) atau tengah dan sisi lainnya untuk memberikan perkembangan akar sayuran hidroponik.
  6. Setelah lubang sumbu dan lubang akar selesai, lalu cat gelas mineral bekas tersebut. Hal ini untuk mencegah pertumbuhan lumut pada netpot dalam masa tanam hingga masa panen sayuran hidroponik.

Sebagai informasi, botol atau barang bekas yang digunakan untuk hidroponik tidak disarankan berwarna bening karena dapat mempercepat pertumbuhan lumut yang mengganggu. Dalam banyak kasus kegagalan berhidroponik, seringkali disebabkan oleh pertumbuhan lumut, hama, bahkan parasit. Yang pada akhirnya membuat pemula petani hidroponik kena mental akhirnya mundur cantik hehe.

Dalam postingan berikutnya, kami akan mengulas tentang membuat instalasi hidroponik dari botol bekas. Botol bekas ini akan kita kawinkan dengan netpot dari gelas bekas. Bayangkan, kita menanam sekaligus memanfaatkan barang-barang tidak terpakai. Semoga berhasil ya.


KOMENTARI VIA FACEBOOK: