Pengertian dan Defenisi Email, Serta Protokol dan Privasi Email

Pengertian dan Defenisi Email, Serta Protokol dan Privasi Email

Pengertian Email
  atau defenisi email dalam penulisannya kadang-kadang ditulis sebagai e-mail, hanyalah bentuk singkat dari “electronic mail” sebuah sistem untuk menerima, mengirim dan menyimpan pesan elektronik. Email  telah mendapatkan popularitas hampir secara universal di seluruh dunia dengan penyebaran Internet. Dalam banyak kasus, email telah menjadi metode yang disukai untuk komunikasi baik pribadi dan bisnis.

Cara Menggunakan Email

Pesan yang dikirim melalui surat elektronik biasanya mencapai penerima dalam hitungan detik. Email berisi lebih dari sekedar teks, gambar dan berbagai jenis format dokumen sekarang mudah dimasukkan sebagai file lampiran. Selain itu, tidak perlu lagi duduk di depan PC untuk mengirim atau menerima email. Berbagai perangkat mobile, seperti komputer tablet dan ponsel, memungkinkan mengelola korespondensi di mana saja. Hampir persis dengan cara menggunakan Microsoft Word.

Protokol Email

Pengguna menerima dan mengirim pesan menggunakan protokol standar yang memungkinkan untuk email untuk melakukan perjalanan mulus antara komputer yang menjalankan berbagai jenis software , dan di berbagai jenis server di berbagai jaringan. Simple protokol transfer pesan (SMTP) memungkinkan sebenarnya pesan pengiriman dan penerimaan . Protokol lainnya , termasuk Post Office Protocol (POP) dan Internet Message Access Protocol (IMAP) , memungkinkan pengguna untuk mengambil dan menyimpan pesan dari waktu ke waktu.

Software Client Email

Pada awalnya, program, yang disebut ”perangkat lunak klien” itu diperlukan untuk menangani surat. Ada banyak aplikasi email yang berbeda tersedia, beberapa di antaranya biaya untuk menggunakan sementara yang lain bebas, beberapa penyedia layanan internet bahkan termasuk dengan layanan. Perangkat lunak klien masih digunakan saat ini, tapi ada metode lain yang lebih fleksibel yang telah menjadi lebih populer dalam beberapa kali.

Webmail

Selain mengakses surat elektronik melalui perangkat lunak klien, webmail adalah pilihan lain yang populer. Kebanyakan penyedia layanan menawarkan ini sebagai manfaat tambahan, dimana pengguna dapat mengakses nya mailbox melalui Internet, dari komputer atau perangkat web – terhubung lainnya. Beberapa layanan email secara khusus dirancang untuk menggunakan World Wide Web sebagai antarmuka utama mereka. Situs-situs tersebut, yang disebut ”portal” telah menjadi sangat populer, karena mereka biasanya menawarkan individu kesempatan untuk membuka account email tanpa biaya, bersama dengan akses ke mesin pencari, berita, kalender, dan sumber daya lainnya dari satu tempat.

Meskipun ada beberapa tingkat ketidakpastian kapan email ditemukan, ayah dari versi modern umumnya dianggap menjadi orang Amerika, Ray Tomlinson. Sebelum Tomlinson, pengguna bisa mengirim pesan satu sama lain, tapi hanya jika mereka terhubung ke komputer yang sama. Bahkan sekali komputer yang jaringan, pesan tidak dapat ditargetkan untuk individu tertentu. Tomlinson menemukan cara untuk mengatasi mail ke pengguna tertentu, dan dengan demikian dikreditkan untuk salah satu penemuan komunikasi yang paling penting di abad ke-20.

Ide Tomlinson adalah untuk mengidentifikasi nama pengguna dan komputer di mana dia berada. Akibatnya, rumus dasar untuk mengatasi email adalah username @ usercomputer. Standar ini tidak banyak berubah selama bertahun-tahun, selain komputer pengguna sekarang umum diganti dengan nama penyedia layanan.

Masalah Privasi

Dari sudut pandang hukum, email umumnya diperlakukan sebagai bentuk komunikasi pribadi, sama seperti panggilan telepon, atau bahkan surat yang ditulis tangan, secara spesifik akan bervariasi dari satu negara ke negara lain, tetapi biasanya ilegal untuk mengakses, membaca, atau mempublikasikan pesan orang lain tanpa izin. Hal ini penting untuk memahami, bagaimanapun, bahwa itu relatif mudah bagi hacker untuk mencegat surat elektronik. Selain itu, banyak perusahaan mengharuskan karyawan mereka menandatangani perjanjian pemberian izin majikan untuk memantau semua pesan yang dikirim dari atau diterima di alamat email perusahaan.

Perhatian privasi lain adalah bahwa setiap pesan elektronik menjadi catatan lebih atau kurang permanen komunikasi. Memilih pesan untuk penghapusan akan menghapusnya dari antrian terlihat pada account pengguna, tapi seseorang harus tidak pernah menganggap bahwa pesan tersebut benar-benar hilang, dihapus email terkenal mudah untuk membangkitkan.

Bahkan jika pengirim menggunakan perangkat lunak khusus untuk benar-benar melenyapkan semua jejak pesan dari komputer nya, salinan email akan kemungkinan besar masih ada di ujung penerima, serta pada banyak server di mana ia bepergian. Akibatnya, adalah tidak bijaksana untuk mengirim informasi sensitif dengan metode ini tanpa hati-hati mempertimbangkan kemungkinan bahwa pihak luar bisa mendapatkan itu. Karena email secara otomatis waktu dan tanggal dicap, catatan ini sering dipanggil oleh pengadilan dalam rangka untuk membentuk garis waktu untuk rantai tertentu peristiwa.