Widget HTML Atas

5 Hal Yang Harus Dihindari Bila Ingin Laptop Tahan Lama

Gambar: assyfa.id

Memiliki komputer di jaman sekarang menjadi keharusan bagi semua orang. Terlebih seorang karyawan atau bagi yang sedang menjalankan bisnis. Dalam menjalankan pekerjaan,  seorang pegawai atau karyawan  membutuhkan perangkat komputer.

Perangkat komputer tidak hanya terbatas pada PC saja,  melainkan smartphone dan laptop.  Perangkat komputer seperti smartphone dan laptop tadi diperlukan sekarang ini sebagai  kebutuhan pokok untuk membantu pekerjaan bagi seorang karyawan, juga membantu seorang pebisnis atau yang sedang menjalankan bisnis agar dapat  hubungkan bisnisnya dalam internet. 

Seperti kita ketahui bahwa internet merupakan komunitas global yang di dalamnya terdapat semua orang dari seluruh dunia. Maka peluang bisnis di internet sangatlah besar. Mengingat pentingnya penggunaan perangkat komputer yaitu smartphone dan laptop tadi, maka perlu diketahui tentang  merawat perangkat komputer itu agar bisa bertahan lama atau tidak mudah hang atau rusak. 

Dalam artikel kali ini kami mencoba mengulas tentang cara agar perangkat komputer, laptop, dan smartphone tidak mudah rusak dan dapat bertahan lama. Berikut ini adalah ulasan tips-tipsnya:

1.  Pilih perangkat komputer yang berkualitas

Di era revolusi industri 4.0,  ada banyak jenis dan merek  perangkat komputer, laptop, dan smartphone.  Meskipun beberapa produk mempunyai spesifikasi yang sama, namun  tidak semua  komputer, laptop, dan smartphone itu memiliki kualitas yang sama. Itu dibuktikan dari harganya yang berbeda  antara satu dengan yang lain.  untuk itu perlu kita mencari tahu jenis dan merek  komputer, laptop, dan smartphone  yang berkualitas. 

Pilihlah kualitas produk yang sesuai dengan pekerjaan kita, namun juga sesuai dengan kemampuan ekonomi dan pendapatan kita. Hal ini untuk mencegah terjadinya kerusakan komputer, laptop, dan smartphone dalam waktu dekat yang menyebabkan kita menderita kerugian yang pada akhirnya juga berdampak pada pekerjaan kita.

2.  Jangan menginstal  software atau aplikasi bajakan

Setelah memiliki perangkat komputer,  laptop, dan smartphone,  hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah Apa isi dari perangkat tersebut. Kami sarankan agar jangan pernah melakukan instalasi atau pemasangan software atau aplikasi bajakan ke dalam perangkat  komputer, laptop, atau smartphone.  cobalah untuk melakukan pemasangan software aplikasi yang berasal dari penyedia utamanya. 

Hindari untuk melakukan download atau instalasi software dan aplikasi dari  sumber-sumber yang mencurigakan. Ini karena software  atau aplikasi bajakan seringkali tidak mendapat izin atau lisensi dari pembuat software atau aplikasi tersebut. Yang berarti software atau aplikasi bajakan tadi dicurigai telah tertanam program-program spyware yang dapat  merusak perangkat komputer bahkan dapat pula membahayakan privasi kita.

3. Jangan pernah mematikan perangkat secara instan

Kenapa dalam  mata pelajaran komputer,  kita pertama kali diajarkan tentang cara menghidupkan dan mematikan  perangkat komputer. Itu karena hal itu memang sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan ketahanan komputer. Komputer juga memiliki mikro perangkat lain di dalamnya yang membutuhkan waktu dan konsolidasi antar perangkat agar dapat menjalankan program dan membuat  perangkat komputer bekerja dengan sempurna.

Begitu pula ketika  perangkat komputer dimatikan,  mikro perangkat lain yang berada di dalamnya  juga membutuhkan waktu dan konsolidasi antar perangkat  untuk melakukan istirahat. Mematikan komputer dengan cara instan seperti mencabut colokan,  menekan tombol power,  atau mencabut baterai  sangat tidak dianjurkan. Itu untuk menghindari perangkat komputer dan mikro perangkat di dalamnya mengalami kondisi yang kami sebut keterkejutan  yang pada akhirnya kondisi itu perangkat komputer tidak lagi terbiasa melakukan pekerjaannya sesuai dengan  perintah atau prosedur.

Hal ini dapat menyebabkan terganggunya kesehatan perangkat komputer yang mungkin saja berakhir kepada hang atau rusak. Lakukanlah shutdown sesuai dengan apa  yang kita ketahui, yaitu melalui aplikasi atau perintah yang tersedia. Contohnya perintah shutdown  yang terdapat di semua jenis dan merk perangkat komputer. Sekali lagi hindari mematikan perangkat komputer secara instan.

4. Rutin memeriksa update software atau aplikasi

Dalam menggunakan perangkat komputer, laptop, dan smartphone penting juga bagi kita untuk melakukan pemeriksaan update software atau aplikasi. Ketika kita menemui  notifikasi saran update atau pembaruan software dan aplikasi,  kami sarankan untuk segera melakukan updating terhadap aplikasi atau software tersebut. Ini untuk menghindari software aplikasi tadi  tidak lagi dapat menerima perintah dan bekerja dengan baik karena tidak lagi didukung oleh penyedianya atau developernya sendiri. Hal itu juga dapat berdampak kepada perangkat komputer, laptop, dan smartphone kita. 

Bayangkan saja jika  aplikasi atau software  anti-virus tidak lagi dapat bekerja Semestinya.  tentu ini membuat  perangkat komputer kita terserang virus  tanpa kita sadari.

5. Lakukan peripheral secara berkala

Perawatan Periferal Komputer adalah melakukan perawatan perangkat keras atau hardware komputer agar tetap dapat bekerja tanpa gangguan. Perawatan periferal komputer antara lain adalah melakukan pembersihan pada keyboard menggunakan kuas, serta membersihkan perangkat keras yang lain dari gangguan abu dan karat.

Adanya karat dan Abu pada perangkat keras komputer, tentu dapat mengganggu kinerja perangkat keras tersebut.  bahkan mungkin saja terjadi korsleting dalam perangkat komputer kita.  agar  perangkat komputer dapat bertahan lama, rutinlah melakukan perawatan periferal. Bersihkan abu dan karat  secara berkala. Hindari juga melakukan perawatan periferal secara asal-asalan, sebab perawatan periferal tidak bisa sembarangan dilakukan lantaran adanya perangkat yang harus diperlakukan secara istimewa.


Demikian artikel tentang hal-hal yang harus dihindari bila ingin perangkat komputer, laptop, dan smartphone dapat bertahan lama.  bila   teman-teman merasa artikel ini bermanfaat,  share artikel ini ke media sosial teman-teman sekalian.  terima kasih