Widget HTML Atas

Ini Cara Speech to Text Bahasa Indonesia Secara Online Work 100%

Ini Cara Speech to Text Bahasa Indonesia Secara Online Work 100%


Halo teman-teman hari ini kami akan membagikan atau menuliskan tentang bagaimana cara mengubah suara menjadi teks atau lebih sering disebut speech to text. Kalau biasanya kita mengenal text to speech yaitu aplikasi yang mengubah teks menjadi suara, maka speech to text adalah sebaliknya yaitu aplikasi mengubah suara menjadi teks.

Seperti artikel ini misalnya, artikel ini ditulis tidak dengan ketikan melainkan dengan suara. Ini berarti kita tidak perlu repot-repot melakukan pengetikan di atas keyboard, tapi hanya dengan bicara saja di aplikasi speech to text, maka otomatis aplikasi ini akan melakukan pengetikan sendiri.

Dengan mengunakan aplikasi speech to text, segala tugas dan lain-lain yang berhubungan dengan pengetikan dapat dengan mudah diselesaikan. Sebagai contoh seperti kita mengetik di atas keyboard handphone dengan fitur bicara, ketika kita menggunakan fitur bicara pada keyboard smartphone, maka keyboard otomatis mengetik tanpa kita melakukan pengetikan cara manual yang pasti membutuhkan waktu dan ketelitian untuk memencet keyboard.

Ada banyak macam aplikasi online yang berfungsi mengubah suara menjadi tulisan, namun kami belum menemukan aplikasi pengubah suara tersebut dapat digunakan bahasa Indonesia. Kebanyakan aplikasi pengubah suara dengan fitur speech recognition Commands menggunakan bahasa Inggris Portugis dan bahasa lain-lainnya. Namun dalam artikel ini kita akan mencoba menggunakan atau mengubah suara bahasa Indonesia menjadi teks berbahasa Indonesia.

Bila kawan-kawan sekarang ini atau baru-baru saja mendengar atau mengenal botika, botika speech-to-text, atau aplikasi online speech to text lainnya, maka perlu kami sampaikan bahwa tulisan ini tidak menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut. Tapi menggunakan aplikasi yang sudah kami kenal sejak 2014 yang lalu, dan sudah banyak membantu kami dalam mengerjakan tugas pengetikan dan lain-lainnya untuk kepentingan artikel. 

Baik kita langsung saja kepada pokok pembahasan bagaimana cara mengetik cepat dengan bantuan aplikasi speech to text secara online. Yuk simak

  • Teman-teman boleh langsung kunjungi www.dictation.io
  • Kemudian teman-teman langsung klik Launch Dictation
  • Teman-teman klik Launch Dictation tersebut teman-teman akan diarahkan ke sebuah halaman seperti halaman pengetikan yang memiliki tools: Bold, Italic, Underline, dan tools Perataan Tulisan, serta tools lainnya
  • Nah di halaman tersebut teman-teman langsung pilih saja pilihan bahasa menjadi Bahasa Indonesia
  • Setelah itu teman-teman Klik tombol Start
  • Kemudian teman-teman akan diminta bentuk mengaktifkan microphone di halaman tersebut. Ketika muncul notifikasi mengaktifkan microphone, teman-teman langsung klik Izinkan untuk menggunakan microphone
  • Setelah itu hapus semua teks ucapan selamat datang yang ada di halaman pengetikan dan mulailah untuk bicara dan biarkan mesin pengetik otomatis nya bekerja
  • Terakhir kami sarankan teman-teman untuk membuka situs tersebut menggunakan browser Google Chrome. Karena sejak tahun 2014 Kami mencoba aplikasi tersebut dari browser Mozilla FirefoxOpera, bahkan Internet Explorer, namun aplikasi pengubah suara menjadi tulisan tersebut tidak dapat digunakan.

Sekian tips dari kami, Semoga dapat membantu teman-teman dalam mengerjakan tugas pengetikan makalah skripsi naskah pekerjaan rumah dan berkas lainnya dengan mudah dan praktis.

Kalau temen-temen merasa artikel ini bermanfaat silakan teman-teman boleh share melalui pesan Whatsapp dan sosial media lainnya. Terima kasih.