Widget HTML Atas

Defenisi Iklan dan Jenis-Jenis Iklan Beserta Contohnya

Iklan untuk tidak merokok termasuk contoh iklan Layanan Masyarakat

Defenisi Iklan dan Jenis-Jenis Iklan Beserta Contohnya

Defenisi atau Pengertian Iklan

Iklan adalah suatu bentuk informasi yang dilakukan oleh seseorang, perusahaan, lembaga atau instansi yang berisi pesan yang menarik tentang sebuah produk atau jasa yang ditujukan untuk maskayarakat publik.

Secara umum pesan dalam iklan adalah bentuk ajakan. Sehingga tujuan iklan ini adalah untuk membujuk dan mendorong masyarakat sebagai konsumen agar tertarik.

Iklan yang banyak kamu temui ternayta memeiliki jenis-jenis iklan yang berbeda-beda. Hal ini karena buatan dan tujuan iklan yang memang berlatar belakang berbeda. Dilansir Liputan6.com, Kamis (21/3/2019) dari berbagai sumber, berikut jenis-jenis iklan yang dikategorikan beberapa faktor bisa kamu simak sebagai berikut.

Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Isinya

1. Iklan Penawaran

Iklan yang biasa kita jumpai adalah iklan penawaran atau iklan niaga. Iklan penawaran merupakan jenis-jenis iklan yang berisi tentang tawaran akan barang atau jasa kepada masyarakat luas. Contohnya:

  • Iklan barang : sepatu, tas, makanan, barang elektronik, kosmetik dan lain-lain
  • Iklan jasa : jasa pengobatan, jasa kurir, jasa ojek online dan lain sebagainya

2.  Iklan Layanan Masyarakat

Iklan ini biasanya berasal dari instansi atau lembaga. Berisi tentang suatu informasi sosialisasi atau pencerahan kepada masyarakat akan suatu isu atau topik tertentu. Contohnya:

  • Iklan pemilu
  • Iklan keluarga berencana
  • Iklan untuk hidup sehat
  • Iklan peringatan bahaya merokok

3. Iklan Pengumuman atau Pemberitahuan

Jenis-jenis iklan berdasarkan isi selanjutnya adalah iklan pemngumuman. Iklan ini bertujuan untuk menarik masyarakat tertentu saja. Isinya tentang pemberitahuan sesuatu seperti event, iklan berita duka cita dan lain-lain.

4. Iklan Permintaan

Iklan permintaan sering dianggap sebagai iklan lowongan kerja. Hal tersebut karena iklan ini berisi tentang pihak yang mengiklankan untuk menawarkan dan mengajak masyarakat yang ingin bekerja dengan mereka.

Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Media

1.    Iklan Media Cetak

Iklan cetak adlaah iklan yang dibuat dan  pisanag menggunakan cara dicetak. Biasanya iklan cetak yang kerap kita temui di koran, selembaran, majalah, koran, baliho, poster, stiker dan lain sebagainya. Dalam iklan cetak terdapat ketentuan dalam membuatnya berdasarkan dimana iklan tersebut akan dipasang.

Iklan cetak tidak memiliki lebih dari 4 baris atau tidak sampai lebih dari kolom iklan. Untuk iklan cetak dalam kolom ukurannya lebih tinggi dari pada iklan baris. Iklan cetak display biasanya memiliki ukuran yang luas.

2.  Iklan Elektronik

Jenis-jenis iklan selanjutnya adlaah iklan elektrinik. Iklan ini menggunakan media elektronik dalam penyampaian dan tampilan iklannya. Iklan elektronik banyak sekali yang sering kamu temui, antara lain:

  • Iklan televisi : live action, animasi, musik, sponsor program, running text, ad lib, promo ad, credit title, back drop, credit title, property endorsement dan lain-lain.
  • Iklan radio
  • Iklan film
  • Iklan luar ruang seperti iklan yang berada di bus, taxi, terminal, satsiun yang menggunakan media elektronik.

Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Tujuan

Jenis-jenis iklan berdasarkan tujuan dibedakan menjadi dua yaitu iklan komersial (bisnis) dan iklan non-komersial. Berikut penjelasannya:

1.  Iklan Komersial 

Iklan komersial ini dipasang dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan ekonomi karena iklan utamanya adalah untuk meningkatkan penjualan. Dalam iklan komersial terdapat tiga pembeda yaitu:

  • Iklan konsumen
  • Iklan professional
  • Iklan bisnis

2. Iklan Non-Komersial

Berbeda dari iklan komersial, iklan non-komersial tidak menitik beratkan untuk mendapatkan keutungan materiil atau ekonomi. Iklan non-komersial justru bertujuan untuk mendapatkan keuntungan sosial.

Keuntungan sosial yang dimaksud adalah agar masyarakat mendapatkan tambahan wawasan, kesadaran diri dan merubah perlaku dan sikap masyarakat terhadap masalah yang ditampilkan pada iklan tersebut.

Syarat-Syarat untuk Membuat Iklan

Untuk bisa membuat iklan yang layak untuk dipublikasikan, tentu terdapat beberapa syarakt iklan yang harus dipenuhi. Syarat-syarat ini harus diikuti agar rujukanmu dapat dikatakan iklan. Beberapa syarat iklan sebagai berikut:

  1. Isi iklan harus jelas. Isi iklan disarankan singkat, jujur, menarik perhatian, objektif dan tidak menyinggung salah satu pihak.
  2. Bahasa yang digunakan dalam iklan harus memiliki arti yang baik, mudah diingat dan mudah dipahami masyarakat luas. Bisa menggunakan kata konotasi, namun mengandung makna yang baik.
  3. Berisi informasi yang jelas dan padat.
  4. Iklan dikemas agar narik perhatian dan minat masyarakat.

Demikian penjelasan kami terkait pengertian iklan, jenis-jenis iklan dan syarat iklan agar iklan dapat diterima dan menarik masyarakat. Bagi perusahaan, iklan merupakan salah satu media penting. Iklan yang baik akan menghasilkan respon positif yang baik pula. oleh masyarakat.