Widget HTML Atas

Xenophobia Itu Apa Sih? Kenapa Jisoo?

Xenophobia Itu Apa Sih? Kenapa Jisoo?
Kamus Xenophobia. SC: idntimes

Akhir-akhir ini banyak orang membicarakan Xenophobia. Di tengah usia bumi yang terus menua, jumlah manusia yang semakin membludak, karakter-karakter manusiapun banyak mengalami perkembangan. Entah itu perkembangan ke arah yang lebih baik atau malah sebaliknya ke arah yang dominan negatif. Salah satunya Xenophobia. Lantas apa Xenophobia itu?

Xenophobia adalah perasaan tidak suka terhadap orang asing. Termasuk terhadap orang yang berbeda negara, berbeda suku, ras, istiadat, agama, dan lainnya. Berbeda dengan rasisme yang berakar pada suatu karakteristik tertentu, Xenophobia muncul dari persepsi orang atau kelompok tertentu.

Xenophobia berawal dari rasa khawatir dan ketakutan terhadap seseorang yang berbeda. Hal ini dapat berakibat terjadinya permusuhan di tengah perbedaan.

Situs Jurnalistik yang fokus mengulas kesehatan mental dan psikologi, VeryWellMind.com merilis 4 gejala Xenophobia yaitu:

  1. Merasa tidak nyaman di sekitar orang-orang dari "kelompok" yang berbeda. 
  2. Berusaha keras untuk menghindari area tertentu.
  3. Menolak berteman dengan orang lain hanya karena warna kulit, cara berpakaian, atau faktor eksternal lainnya.
  4. Kesulitan menanggapi supervisor dengan serius atau berhubungan dengan rekan satu tim yang tidak termasuk dalam kelompok ras, budaya, atau agama yang sama.

Beberapa sumber menyebut, sejarah telah mencatat peristiwa kemanusiaan terbesar yang pernah terjadi tidak luput dari pengaruh Xenophobia, bebepara peristiwa itu dikaitkan dengan Xenophobia, antara lain:
  1. Peristiwa Holocaust pada Perang Dunia Kedua;
  2. Penahanan orang Jepang-Amerika selama Perang Dunia Kedua;
  3. Genosida di Rwanda;
  4. Genosida Holodomor di Ukraina;
  5. Genosida di Kamboja; dan
  6. Contoh terbaru di Amerika Serikat yang termasuk dalam diskriminasi terhadap orang-orang keturunan Timur Tengah (sering disebut sebagai "Islamofobia") dan sikap xenofobia terhadap imigran Meksiko dan Latin.
Belakangan, kata Xenophobia menjadi trending topic di twitter dengan tagar #XenophobiaIsNotAJoke dan #ProtectJisoo yang berisi tuntutan untuk perlindungan terhadap Jisoo yang tak lain personil BlackPink, grup penyanyi perempuan asal Korea Selatan.