Widget HTML Atas

Soetan Sjahrir, Perjoeangan Kita: Pak Tani


Pak Tani Bagi kaum tani kita perjuangan kemerdekaan ini hanya akan berarti jika kerakyatan dirasakan padanya. Jika revolusi bangsa Indonesia yang sedang berlaku sepenuhnya dapat dirasakan sebagai revolusi kerakyatan bagi Pak Tani, sehingga ia tak dapat diperlakukan sewenang-wenangnya lagi oleh pemerintahan, sehingga ia dapat mengecap hasil keringatnya sepenuhnya dan tidak diganggu oleh rupa-rupa aturan yang dimaksudkan untuk menyenangkan orang yang memerintah.

Revolusi kita harus memberantas feodalisme di luar kota-kota yang berupa tuan tanah, aturan pemerintahan feodal, pengerahan tenaga dan hasil orang tani secara feodal seperi digunakan oleh penjajahan Belanda. Penduduk desa sudah sesak padat, sehingga meskipun penghasilan tanah di Jawa dikerjakan dengan kekuatan yang sepenuhnya, untuk memberi makan penduduknya masih tak mencukupi untuk memperinggi kehidupan rakyat kita umumnya. Hal ini lebih hari lebih mendesak.

Selain dari ikhiar untuk membagi penduduk Indonesia lebih rata pada kepulauan Indonesia dengan interimmigrasi; maka menilik bangun dan kedudukan pulau Jawa tak dapat dihindarkan, bahwa jawab yang langsung pada soal penduduk dan penghasilan di Jawa adalah industrialisasi.

Jika kelebihan jiwa di desa itu dikurangkan sehingga desa lapang untuk memperinggikan kehidupan dengan jalan usaha bersama (koperasi), maka dengan industrialisasi yang diadakan menurut rencana di bawah pimpinan pemerintah, sebahagian besar dari kelebihan jiwa di desa dapat menghadapi kehidupan sebagai pekerja pabrik yang tetap bertambah baik dengan bertambah kemakmuran Indonesia umumnya, terutama dengan dasar kehidupan Pak Tani yang makmur.

Pemerintahan di desa disehatkan dengan melaksanakan kerakyatan yang sempurna dengan menggunakan kebiasaan lama juga, pemilihan, rapat desa, yang diberi kekuasaan sepenuhnya dan ditambah kecerdasannya dengan memperinggi pelajaran dan pendidikan di desa mengadakan pimpinan di dalam segala usaha desa, membaharui dasar masyarakat kita, membawa rasionalisasi dan eiciency, yang akan merombak tradisi desa, supaya dengan tidak menjalani kehidupan kota dan pabrik, juga di desa imbul modernisasi, elektrisiteit dan mesin pun dapat masuk menolong manusia di desa memperinggikan derajat kehidupan manusia.

Sarekat tani yang harus didirikan harus menjadi perinis di dalam mencocokan semangat kaum tani pada tempo yang kita kehendaki itu. Persatuan tani memudahkan tidak saja urusan ini secara teratur dan besar-besaran, akan tetapi juga memudahkan persatuan dan perhubungannya dengan persatuan kaum buruh.


Daftar Isi Buku Soetan Sjahrir: Perjoeangan Kita

KOMENTARI VIA FACEBOOK: