Widget HTML Atas

Seleksi PPPK Tiga Tahap, Formasi Guru Khusus Honorer yang Terdaftar di Dapodik

Kebutuhan ASN di tahun 2021 ini tersedia sebanyak 1.275.384, termasuk keperluan untuk PPPK Guru dan non Guru.

Jumlah berikut terbagi berasal dari sebagian jenis, yaitu intansi pemerintah pusat sebanyak 83.669 dan instansi pemda sebanyak 1.191.718.

"Jumlah tersebut termasuk guru PPPK sebanyak 1.002.616, PPPK Non Guru 70.008 dan CPNS sebanyak 119.094," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB), Tjahjo Kumolo kala konferensi pers, Jumat (9/4/2021) pagi.

Dari keseluruhan rancangan formasi pembukaan pendaftaran CPNS sebanyak 1,27 juta, posisi guru mendapat alokasi paling besar, yaitu 1.002.616 kebutuhan.

Untuk pemerintah provinsi, jabatan guru dengan formasi terbanyak yaitu guru bimbingan konseling, guru teknologi Info dan komputer, serta guru matematika.

Sedangkan untuk untuk pemerintah kabupaten dan kota, formasi guru yang terbanyak yaitu guru kelas, guru pendidikan jasmani, olah raga, dan kesehatan, serta guru bimbingan konseling.

Namun demikian, para pelamar yang bisa mengisi lowongan tersebut antara lain tenaga-tenaga honorer yang sudah terdaftar di dalam data pokok pendidikan (Dapodik) Kemendikbud.

"Untuk guru, formasi guru PPPK pendaftaran diluar mereka yang tidak terdaftar di data Dapodik itu tidak diterima, artinya khusus untuk mereka yang terdaftar di data Dapodik," kata Plt. Deputi SDM Aparatur Kementerian PANRB Teguh Widjinarko.

Lantas bagaimana dengan lulusan sarjana pendidikan yang tetap segar graduate?

Teguh menerangkan, kala ini pihaknya memanfaatkan Dapodik sebagai data untuk melihat keperluan guru.

"Untuk kala ini kami memanfaatkan data pokok pendidikan sebagai data yang kami memanfaatkan untuk melihat keperluan guru-guru honorer yang nantinya diperlukan untuk menjadi PPPK. Pada dasarnya kami memanfaatkan ini sebagai data dasar untuk tahu kuantitas kekurangan guru, dan yang terdaftar di Dapodik itu kira-kira 1 juta lebih," kata dia.

Teguh pun menganjurkan, bagi lulusan segar graduate, terutama sarjana pendidikan yang tadinya inginkan mendaftar PPPK guru, bisa mendaftar pada formasi lain.

Ada sebanyak 70 ribu tenaga PPPK tak hanya guru yang dibuka dengan berbagai jabatan, dan segar gradute pun sanggup mendaftar disitu.

"Tetapi PPPK juga, diluar guru dibuka untuk jabatan lain, tersedia kira-kira 70 ribu tenaga PPPK yang dibuka, itu berbagai jabatan silakan terkecuali mencukupi syarat untuk itu sanggup masuk kesitu," kata dia.

Tiga Tahap Pelaksanaan Seleksi PPPK

Pendaftaran seleksi PPPK Guru di dalam rekrutmen ASN 2021 ini bakal dilaksanakan dalam tiga tahap.

"Pelaksanaan PPPK Guru bakal dilaksanakan tiga tahap, yaitu tahap I pada bulan Agustus 2021, tahap II pada bulan Oktober 2021 dan tahap III pada bulan Desember 2021," kata Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Suharmen. 

Suharmen mengatakan, khusus untuk sistem seleksi PPPK Guru, peserta sanggup mengikuti seleksi sebanyak 3 kali. Nantinya, sistem seleksi bakal memanfaatkan Ujian Nasional Berbasi Komputer (UNBK) berasal dari Kementerian yang membidangi Pendidikan.

"Dalam Pelaksanaan seleksi PPPK Guru ini, BKN merupakan pelaksana kebijakan yang sudah ditungkan oleh Kementerian Panrb dengan berdasar pada Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 dan Peraturan Pemerintah 49 Tahun 2018 tentang PPPK," ujar dia, layaknya dikutip berasal dari laman formal BKN. 


KOMENTARI VIA FACEBOOK: