Pengertian Faktor Produksi, Faktor Produksi Asli dan Faktor Produksi Turunan

Dibutuhkan proses panjang sebelum sebuah produk sampai ke tangan konsumennya. Ada banyak faktor produksi yang terlibat dalam menciptakan sebuah barang atau jasa. Dari material, perencanaan, pelaksanaan sampai pemasaran, sebuah barang atau jasa tercipta dari paduan berbagai faktor tersebut. Maka muncul pertanyaan tentang apa saja jenis faktor produksi, yang nanti akan kita jelaskan di bawah ini yang merupakan faktor produksi asli dan faktor produksi turunan. Yuk kita bahas lebih lanjut.

Desa Wisata Pujon Kidul. Ilustrasi Faktor Produksi


Pengertian Faktor Produksi

Jadi, apa itu faktor produksi dan apa sajakah yang termasuk dalam faktor produksi? Jawabannya adalah semua sumber daya yang dibutuhkan untuk melakukan proses produksi. Produsen membutuhkan banyak hal untuk menciptakan sebuah produk.

Yang termasuk di dalamnya adalah 2 poin sebagai berikut :

  1. Faktor produksi asli yang merupakan sumber daya alam dan sumber daya manusia atau tenaga kerja; dan
  2. Faktor produksi turunan yakni termasuk modal, manajerial dan sumber daya informasi.

1. Faktor Produksi Asli

Dalam mengembangkan suatu usaha, semua faktor dalam melakukan produksi perlu diperhatikan. Ketahui juga berbagai jenisnya untuk proses produksi yang lancar.

Sumber Daya Alam

Selain bahan dasar untuk produk Anda, SDA juga berarti semua hal yang mempengaruhi keberhasilan proses produksi. Misalkan, Anda menjual beras, maka kondisi alam, curah hujan, atau bencana alam mempengaruhi keberhasilan panen dan proses produksi.  Oleh karena itu, petani memiliki waktu tertentu untuk menanam padi dan memanennya.

Sumber Daya Manusia

Tenaga kerja adalah faktor produksi memegang peranan penting sebagai pelaksana. Tergantung pada jenis bisnis Anda, sumber daya manusia yang dipekerjakan sesuai dengan kriteria tertentu.

Pekerja berdasarkan kualitas

  • Pendidikan formal seperti bagian keuangan, akuntan, pengacara, dokter
  • Pendidikan informal seperti sopir, kasir, administrasi
  • Tanpa pendidikan seperti tukang kebun, tukang cuci dan tukang parkir

Pekerja berdasarkan sifat pekerjaannya

  • Pekerja jasmani yang menggunakan tenaga seperti petugas kebersihan dan tukang sampah
  • Pekerja rohani yang mengandalkan perasaan seperti psikolog dan HRD

2. Faktor Produksi Turunan

Modal

Usaha kecil dapat berproduksi dengan SDA dan SDM saja. Namun, bila ingin mengembangkan bisnis, maka diperlukan faktor produksi lainnya sebagai pendukung, salah satunya adalah modal.

Sumber modal

Anda dapat memulai usaha dengan modal sendiri atau berdasarkan modal asing yang bersifat pinjaman.

Bentuk modal

Siapkan perangkat penunjang seperti mesin, kendaraan sebagai modal nyata. Sementara modal abstrak adalah modal yang tidak berbentuk seperti pemilihan nama, merek, hak paten dan hal lainnya.

Sifat modal

Bedakan antara modal tetap yang hanya dibeli sekali dan digunakan untuk jangka panjang seperti gedung, mesin dan tanah dengan modal lancar yang sekali pakai seperti material, bensin dan lain sebagainya.

Manajerial

Keahlian manajerial berperan untuk mengelola berbagai faktor produksi sehingga menjadi sebuah produk atau jasa yang dapat diterima target pasar. Untuk dapat mengembangkan usaha diperlukan beberapa keahlian, seperti :

Kemampuan pengelolaan

Diperlukan cara tepat dan efisien untuk mengatur perangkat produksi sehingga diperoleh hasil optimal.

Kemampuan teknis

Bukan hanya penguasaan secara teoritis, keadaan di lapangan dan keahlian teknis adalah aspek penting sehingga proses produksi berjalan sesuai rencana.

Kemampuan organisasi

Memimpin sebuah usaha dengan membina hubungan baik di dalam dan di luar perusahaan memastikan kesuksesan perusahaan.