Widget HTML Atas

Penyebab dan Pencegahan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19)

Penyebab dan Pencegahan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19)
Image: RSUD Prabumulih

COVID- 19 ataupun diketahui pula dengan Novel Coronavirus( menimbulkan wabah pneumonia di kota Wuhan, Cina pada Desember 2019, serta menyebar ke negeri yang lain mulai Januari 2020. Indonesia sendiri mengumumkan terdapatnya permasalahan covid 19 dari Maret 2020.

Pada 11 Maret 2020, organisasi kesehatan dunia: World Health Organization( World Health Organization) menetapkan peristiwa ini bagaikan pandemik. Dikala diumumkan penyeberan permasalahan telah terjalin di 114 negeri dengan total orang terkena di segala dunia menggapai 118, 000. Jumlah ini terus meningkat bersamaan dengan berjalannya waktu serta kepribadian penularan virus yang sangat kilat.


Aspek Resiko Peradangan Coronavirus

Siapa juga bisa terinfeksi virus corona. Hendak namun, balita serta anak kecil, dan orang dengan imunitas badan yang lemah lebih rentan terhadap serbuan virus ini. Tidak hanya itu, keadaan masa pula bisa jadi mempengaruhi. Contohnya, di Amerika Serikat, peradangan virus corona lebih universal terjalin pada masa gugur serta masa dingin.

Di samping itu, seorang yang tinggal ataupun berkunjung ke wilayah ataupun negeri yang rawan virus corona, pula berisiko terkena penyakit ini. Misalnya, berkunjung ke Cina, spesialnya kota Wuhan, yang sempat jadi wabah COVID- 19 yang bermulai pada Desember 2019.


Pemicu Peradangan Coronavirus

Peradangan coronavirus diakibatkan oleh virus corona itu sendiri. Mayoritas virus corona menyebar semacam virus lain pada biasanya, semacam:

  1. Percikan air liur penderita( bantuk serta bersin).
  2. Memegang tangan ataupun wajah orang yang terinfeksi.
  3. Memegang mata, hidung, ataupun mulut sehabis memegang benda yang terserang percikan air liur penderita virus corona.
  4. Tinja ataupun feses( tidak sering terjalin)

Spesial buat COVID- 19, masa inkubasi belum dikenal secara tentu. Tetapi, rata- rata indikasi yang mencuat sehabis 2- 14 hari sehabis virus awal masuk ke dalam badan. Di samping itu, tata cara transmisi COVID- 19 pula belum dikenal dengan tentu. Awal mulanya, virus corona tipe COVID- 19 diprediksi bersumber dari hewan. Virus corona COVID- 19 ialah virus yang tersebar pada sebagian hewan, tercantum unta, kucing, serta kelelawar.

Sesungguhnya virus ini tidak sering sekali berevolusi serta menginfeksi manusia serta menyebar ke orang yang lain. Tetapi, permasalahan di Cina saat ini jadi fakta nyata jika virus ini dapat menyebar dari hewan ke manusia. Apalagi, saat ini penularannya dapat dari manusia ke manusia.


Penyembuhan Peradangan Coronavirus

Tidak terdapat perawatan spesial buat menanggulangi peradangan virus corona. Biasanya penderita hendak pulih dengan sendirinya. Tetapi, terdapat sebagian upaya yang dapat dicoba buat meredakan indikasi peradangan virus corona. Contohnya:

  1. Minum obat yang dijual leluasa buat kurangi rasa sakit, demam, serta batuk. Tetapi, jangan bagikan aspirin pada kanak- kanak. Tidak hanya itu, jangan bagikan obat batuk pada anak di dasar 4 tahun.
  2. Pakai pelembap ruangan ataupun mandi air panas buat menolong meredakan sakit kerongkongan serta batuk.
  3. Memperbanyak rehat.
  4. Memperbanyak konsumsi cairan badan.
  5. Bila merasa takut dengan indikasi yang dirasakan, segeralah mendatangi penyedia layanan kesehatan terdekat.

Spesial buat virus corona yang menimbulkan penyakit sungguh- sungguh, semacam SARS, MERS, ataupun peradangan COVID- 19, penanganannya hendak disesuaikan dengan penyakit yang diidap serta keadaan penderita.

Apabila penderita menderita peradangan novel coronavirus, dokter hendak merujuk ke Rumah sakit Referensi yang sudah ditunjuk oleh Dinkes( Dinas Kesehatan) setempat. Apabila tidak dapat dirujuk sebab sebagian alibi, dokter hendak melaksanakan:

  1. Isolasi
  2. Serial gambar toraks cocok gejala.
  3. Pengobatan simptomatik.
  4. Pengobatan cairan.
  5. Ventilator mekanik( apabila kandas nafas)
  6. Apabila terdapat diiringi peradangan kuman, bisa diberikan antibiotik.


Penangkalan Peradangan Coronavirus

Hingga dikala ini belum terdapat vaksin buat menghindari peradangan virus corona. Tetapi, paling tidak terdapat sebagian metode yang dapat dicoba buat kurangi resiko terkena virus ini. Berikut upaya yang dapat dicoba:

  1. Sering- seringlah cuci tangan dengan sabun serta air sepanjang 20 detik sampai bersih.
  2. Jauhi memegang wajah, hidung, ataupun mulut dikala tangan dalam kondisi kotor ataupun belum dicuci.
  3. Jauhi kontak langsung ataupun bersebelahan dengan orang yang sakit.
  4. Jauhi memegang hewan ataupun unggas liar.
  5. Mensterilkan serta membersihkan permukaan barang yang kerap digunakan.
  6. Tutup hidung serta mulut kala bersin ataupun batuk dengan tisu. Setelah itu, buanglah tisu serta mencuci tangan sampai bersih.
  7. Jangan keluar rumah dalam kondisi sakit.
  8. Kenakan masker serta lekas berobat ke sarana kesehatan kala hadapi indikasi penyakit saluran nafas.

Tidak hanya itu, kalian pula dapat perkuat sistem imunitas badan dengan mengkonsumsi vit serta suplemen bagaikan wujud penangkalan dari virus ini.