Widget HTML Atas

BMKG Prediksi Gempa Susulan Majene dan Mamuju, serta Potensi Tsunami

BMKG Prediksi Gempa Susulan Majene dan Mamuju dan Potensi Tsunami
Gedung Kantor Gubernur Sulawesi Barat Pasca diguncang Gempa 6,2 SR

Gempa berkekuatan 6,2 Magnitudo melanda Kabupaten Majene pada Jumat (15/01/2021) dini hari menelan 8 korban jiwa, 637 orang luka-luka, dan 15000 orang diketahui mengungsi. Hal itu diterangkan Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati saat melaporkan update korban dan kerusakan akibat gempa yang berpusat di Majene, Sulawesi Barat.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi masih akan ada gempa bumi susulan di Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat. Gempa susulan tersebut bisa lebih besar dari sebelumnya dan berpotensi tsunami. Hal itu diterangkan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati saat konferensi pers webinar, Jumat (15/1/2021).

"Masih ada potensi gempa susulan yang masih kuat, bisa mencapai kekuatan gempa tadi pagi 6,2 SR atau bisa sedikit lebih tinggi", ujar Dwikorita Karnawati.

"Karena kondisi batuan diguncang 28 kali sudah rapuh memungkinkan untuk terjadinya longsor di bawah laut dapat pula berpotensi tsunami jika ada gempa susulan berikutnya kalau pusat gempa di pantai atau pinggir laut", sambung Dwikorita.

BMKG Prediksi Gempa Susulan Majene dan Mamuju dan Potensi Tsunami
Kondisi rumah pasca gempa Mamuju, Jumat (15/01/2021). Foto: Nurhadi/tribunnews

Sementara itu Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono menjelaskan sejak Kamis hingga Jumat ada 28 kali gempa susulan. Ada dua kekuatan gempa bumi yang besar terjadi hari Kamis 5,9 Skala richter dan Jumat dinihari 6,2 SR.

"Kemarin itu kita anggap sebagai gempa pembuka yang tadi pagi sudah maksimal, kita berharap tidak terjadi lagi", kata Daryono.

Daryono juga menjelaskan adanya kesamaan gempa bumi di Majene dan Mamuju yang terjadi sekarang dengan sebelumnya di Majene, Sulawesi Barat. Kedua gempa bumi disebabkan oleh pergerakan sesar naik Mamuju.

"Sesar naik ini mirip gempa Lombok 2018", katanya.

Cristiano Ronaldo juventus vs crotone juve vs crotone Juventus Vs Daft Punk thomas bangalter Guy-Manuel de Homem-Christo daftpunk Marcella Marcella Daryanani Osasuna vs Sevilla Sevilla Bank Jago Maria Vania Telkom SHINee Gods of Egypt Fadlan Holao Pak Tarno Momo TWICE Mission: Impossible Fallout WayV Mönchengladbach vs Man City Cara mendapatkan uang di Snack Video Prediksi Lazio vs Munchen Nissa Sabyan Ayus Sabyan Gambus Prakerja Kartu Prakerja www.prakerja.go.id gelombang 12 Prakerja Gelombang 12 www.prakerja.go.id prakerja go id daftar kartu prakerja prakerja.go.id www-prakerja-go-id Daftar Prakerja daftar prakerja gelombang 12 Kartu Prakerja Gelombang 12 www prakerja go id Cara Daftar Kartu Prakerja pra kerja kartu pra kerja prakerja. go. id prakerja co.id prakerja.go id daftar kartu prakerja 2021 www. prakerja.go.id dashboard prakerja go.id www-prakerja-go-id gelombang 12 gelombang 12 prakerja Kartu Prakerja 2021 prakerja.go.id gelombang 12 daftar prakerja 2021 Arsenal Vs Man City Manchester City City city vs arsenal