Widget HTML Atas

Pengertian dan Strategi SEO On Page Blogger dengan Manfaatkan Title Tag


Sudah beberapa minggu ini update tentang cara transfer OVO, Transfer DANA, dan GOPAY mulu. Memang artikelnya belum hits banget sih. Paling cuma nangkring di halaman 1 sampe 3 google. Visitornya pun masih di bawah angka 100. Tapi ya sudahlah mungkin belum rejekinya blog ini menguasai keyword CPC tinggi itu. Sekarang kita mau balik lagi mengulas tentang perbloggingan. Tutorial Blog. Dengan judul Strategi SEO On Page Blogger, semoga artikel ini bermanfaat buat temen-temen blogger.

Defenisi SEO

Ketika mulai belajar blog, kata SEO memang masih terdengar asing buat kita. Tapi ketika kita sudah fokus dan produktif menulis banyak artikel, tapi visitor atau pengunjung blog gak nambah-nambah,. Tentu kita akan mencari cara bagaimana menambah pengunjung blog kan? Nah saat sudah sampai pada tahap ini, barulah pengertian SEO mulai tidak asing. Karena dari banyak tips dan trik menambah visitor blog yang kita baca pasti berkali-kali menyebut kata SEO.

Ya, pada akhirnya kita akan memahami bahwa SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau kalau dalam bahasa kita artinya Optimasi Mesin Pencari. 

Tujuan SEO

Optimasi Mesin Pencari atau SEO ini bagi seorang blogger bertujuan agar artikel atau postingan blog bisa menduduki posisi teratas (page one) dalam hasil pencarian di mesin pencari. Apakah itu mesin pencari google, bing, atau yahoo. Hal ini agar postingan blog kita berpotensi mendapat banyak kunjungan. Jika pengunjung blog bejibun, tentu potensi klik iklannya juga meningkat. Akhirnya pendapatan google adsense juga lebih memuaskan. Cuan lagi wkwk

Manfaat SEO

Ketika kita sudah menerapkan SEO dalam blog kita, ini manfaatnya besar sekali. Peningkatan jumlah pengujung blog juga terlihat jelas. Begitu kira-kira salah satu manfaat SEO bagi blog. Manfaat lainnya adalah akhirnyua kita bisa memahami sifat mesin pencari. Yang artinya kita bisa leluasa dalam dunia blogging. Karena artikel apapun yang kita tulis pasti berada pada posisi page one.

Jadi andai kata terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti yang kami alami beberapa tahun lalu. Akun diretas misalnya, atau akun tiba-tiba hilang entah kemana. Kita tidak terlalu khawatir membuat blog baru dan mulai menulis artikel. Sudah paham SEO pastinya tidak sulit mencari pengunjuung blog. Tidak sulit pula bermain google adsense, adsterra, propelerads, mgid, dan lainnya. Iya kan?

Jenis-Jenis SEO dan Contohnya

SEO dalam prakteknya dan dalam banyak ulasan di situs-situs tips blogging ada dua jenis. SEO On Page dan SEO Off Page. Berikut ini defenisinya:

  1. SEO On Page adalah optimasi yang dilakukan oleh web master atau pemilik blog terhadap kerangka dan bagan blognya. Tidak melibatkan unsur di luar blog itu sendiri. Contohnya: Pemberian judul postingan, jumlah keyword dalam artikel, panjang artikel, inbound link (tautan ke blog sendiri), page speed, dan lain-lain.
  2. SEO Off Page adalah optimasi yang dilakukan oleh pengelola blog atau tim web master terhadap blog dengan melibatkan unsur di luar blog itu sendiri. Misalnya: backlink, integrasi sosial media, backlink lagi, dan backlink lagi.

Jadi kalau ada blog yang SEO Off Pagenya kecil, katakanlah blog seumur jagung, minim backlink dari luar tapi bisa menempati posisi page one google, positif thinking aja. Barangkali menang strategi SEO On Page nya luar biasa jitu.

Sebaliknya kalau SEO On Pagenya kecil, misalnya tulisan dalam artikelnya berantakan, tata letak blog juga bikin sakit mata, dan loading blog lama betul, tapi bisa santuy di posisi page one google. Nah kita juga harus positif thinking. Boleh jadi memang banklink dan integrasi media sosial ke blognya atau Strategi SEO Off Pagenya juga paten.

Bagaimana Cara Agar Postingan Blog Bisa Page One Google?

Setelah mengetahui SEO On Page, SEO Off Page dan berbagai dampaknya terhadap blog. Selanjutnya dapat disimpulkan bila ingin artikel atau postingan blog, maka kita harus pandai-pandai dalam memajemen SEO On Page dan SEO Off Page. Bagaimana caranya? Nah dalam artikel ini kami akan coba jelaskan Strategi SEO On Page dengan memanfaatkan Title Tag.

Strategi SEO On Page Blogger dengan Memanfaatkan Title Tag

Strategi SEO On Page yang kami maksud di sini adalah mengubah atau mengedit title halaman. jadi, setiap halaman website yang kita buka memiliki title. Title halaman website bisa kita ketahui pada tab browser. Karena hanya di situ atitle akan kelihatan. Kami sarankan untuk melihat title halaman website secara utuh melalui perangkat PC atau Laptop. Contoh optimasi title halaman website atau blog adalah seperti gambar di bawah ini:

Dalam gambar di atas, dapat diketahui bahwa halaman beranda blog ini memiliki title tag: HAI NUSANTARA | Menyajikan Artikel Tentang Wawasan Nusantar... yang sebenarnya masih panjang lagi serta mengandung keyword.


Sementara halaman label blog ini titlenya adalah: Artikel Tentang (Nama Label) Hari Ini | HAI Nusantara.


Title ini kami mendapat inspirasi dari situs berita nasional yang memang mereka memanfaatkan title seperti ini untuk halaman kategori atau label artikelnya. Jadi, ketika pengunjung mencari informasi di google, umumnya pasti mengetik: berita vaksin covid-19 hari ini. Nah yang akan muncul adalah situs berita nasional yang telah optimasi dengan memanfaatkan title tag. Ini contohnya:

Pada gambar di atas, jelas sekali pengunjung akan diarahkan ke halaman label Vaksin Covid-19 di beberapa situs berita ini. Tapi halaman mereka memiliki title yang beragam kan seperti Berita Harian (Nama Label) Terbaru Hari Ini, Berita Terbaru (Nama Label), dan Berita (Nama Label) Hari Ini.

Nah menurut pengalaman kami, halaman label yang telah diindeks google, maka hasil pencariannya juga sama seperti situs berita nasional ini. Jadi selain mengandalkan artikel, ternyata kita juga bisa mengandalkan halaman label untuk dapat dikunjungi oleh pengunjung kan?

Jadi bagaimana temen-temen sudah paham? kalau sudah paham beri komentar ya. Selanjutnya kami akan posting artikel susulan yang akan menjelaskan bagaimana membuat dan memodifikasi title tag blog dari edit HTML menjadi persis seperti website portal berita.


KOMENTARI VIA FACEBOOK: