Widget HTML Atas

Soetan Sjahrir, Perjoeangan Kita: Keadaan Sehabis Perang Dunia Kedua


Kesudahan peperangan dunia kedua meninggalkan di dunia iga kekuasaan militer dan ekonomi yang menentukan segalagalanya, yaitu: Amerika-Serikat, Inggris dan Soviet-Rusland. Susunan internasional yang menggabungkan negeri-negeri yang terbanyak di dunia, dipimpin dan dikuasai oleh mereka. 

Sekalian negeri lain sebagai perubahan kekuasaan yang terakhir ini kehilangan kedaulatannya yang dahulu juga sudah sangat terbatas. Sistem poliik Soviet-Rusland berdiri teguh atas dasar-dasar sistem ekonomi-sosialisis, yang telah melalui ujian yang seberat-beratnya di dalam beberapa tahun yang lalu dan pada pokoknya idak begitu tergantung pada keadaan ekonomi atau poliik dunia di luar Soviet-Rusland. 

Amerika-Serikat dan Inggris sebaliknya memerlukan seluruh dunia untuk lapang kehidupan ekonominya yang kapitalisis dan imperialisis. Peperangan Dunia yang ke-2 yang telah menghancurkan kekayaan benda dunia seharga beribu-ribu juta rupiah, pada umumnya telah memiskinkan seluruh dunia, selain Amerika-Serikat. 

Alat-alat penghasilan malah kerap kali hancur dan tak dapat dipergunakan lagi, manusia pun banyak kurang untuk dijadikan tenaga pekerja, serta apa yang ada kurang tenaganya oleh kelaparan dan kesakitan. Ini semuannya menyebabkan, bahwa dunia kapitalis lemah dan belum dapat diketahui bagaimana carannya kapitalisme ini akan mendapat cukup kekuatan untuk melanjutkan kehidupan yang sehat. 

Kerubuhan ekonomis di bahagian terbesar di dunia ini, merupakan dirinya juga sebagai kekacauan serta pertentangan-pertentangan politik yang tajam. Desakan dari pihak kaum buruh untuk merubah sendi-sendi masyarakat kapitalis dan menjadi masyarakat sosialisis bertambah deras. Sebaliknya pihak yang berpegang pada sistem lama, meskipun terdesak, mencari segala jalan untuk memperkuat kedudukannya dengan niat menyempurnakan sistem kapitalisme dan imperialisme. Jadi kita menghadapi juga suatu macam imperialisme baru. 

Kita hidup sekarang di dalam zaman yang menentukan sistem mana yang akan meluas dan akhirnya menentukan nasib kemanusiaan, yaitu kapitalisme atau sosialisme. Perlombaan dan pertarungan dua aliran dan kekuatan ini akan membuat pertarungan politik dunia terus menerus. 

Kita akan mengalami krisis politik terus menerus, mungkin di dalam depressie ekonomi terus untuk sementara dengan kemungkinan pada pertarungan-pertarungan dan mungkin juga peperangan-peperangan baru dunia.


Daftar Isi Buku Soetan Sjahrir: Perjoeangan Kita