Widget HTML Atas

Ketua Umum DPP Parindra Mascot Siregar: Musda KNPI Riau Inkonstutisional

DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) mengadakan Rapat Pleno di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, pada Sabtu (6/3/2021). Dalam rapat pleno yang dipimpin oleh Wakil Ketua Umum Ahmad A. Bahri telah diputuskan bahwa Haris Pertama dicopot dari jabatan Ketua Umum DPP KNPI.

Bahri mengatakan, ada sejumlah pelanggaran yang dilakukan Haris terhadap anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) KNPI.

Hal kedua, kata dia, pelanggaran pasal 38 AD dan 35 ART KNPI terkait tata kelola keuangan dan harta benda organisasi yang tidak berjalan secara transparan dan akuntabel.

“Pertama, pelanggaran pada pasal 23 ART, terkait pengambilan keputusan dan sikap organisasi tidak melalui Rapat Pleno DPP KNPI,” ujar Bahri dalam keterangannya kepada wartawan, Sabtu, (6/3/2021).

“Karena itu, dalam Forum Pleno KNPI memutuskan memberhentikan Bung Haris Pertama sebagai Ketua Umum DPP KNPI 2018-2021, dan mengangkat dan memutuskan Bung Mustahuddin sebagai Pelaksana Tetap (Plt) Ketua Umum DPP KNPI 2018-2021,” terangnya.

Menyikapi dinamika yang terjadi di Internal DPP KNPI, Ketua Umum DPP Parindra, Mascot Siregar menyayangkan penyelenggaraan MUSDA DPD KNPI Riau yang tetap dilaksanakan dan dibuka oleh Haris Pertama, Ia pun menegaskan bahwa pemberhentian Haris Pertama dari jabatan Ketua Umum DPP KNPI berimbas pada Musyawarah Daerah (MUSDA) DPD KNPI Riau yang digelar pada hari ini Minggu, (7/3/2021).

Pria yang telah malang melintang di dunia kepemudaan terkhusus KNPI sejak 2005 itu dengan tegas mengatakan MUSDA DPD KNPI Riau Inkonstitusional.

Mascot Siregar. Doc: twitter.com/@mascotsiregar

“Dengan diberhentikannya saudara Haris Pertama dari posisi Ketua Umum, maka perhelatan MUSDA DPD KNPI Riau statusnya adalah Inkonstitusional, karena yang bersangkutan sudah tidak berhak menggunakan atribut – atribut organisasi KNPI, maka sangat disayangkan jika MUSDA tersebut tetap berlangsung”, ujar Pria yang juga Aktivis GMKI ini.

Ia pun menjelaskan bahwa seluruh elemen masyarakat, Pemerintah dan instansi lainnya di Provinsi Riau sangat dirugikan khususnya Pemuda Indonesia atas perhelatan MUSDA DPD KNPI tersebut.

“Jelas ya dengan adanya MUSDA DPD KNPI Riau yang digelar hari minggu ini semua pihak dirugikan terutama Pemuda, karena sangat jelas bahwa MUSDA tersebut secara konsisten telah melanggar dan Inkonstitusional,” tegasnya.

Selanjutnya Mascot berharap perhelatan MUSDA DPD KNPI Riau ditinjau ulang serta dibatalkan karena dianggap bertentangan dengan prinsip -prinsip organisasi KNPI.